Selasa , September 28 2021

Syarat Pencairan BSU Guru Madrasah Bukan PNS

dirjen%2Bzain

Syarat Pencairan BSU Guru Madrasah Bukan PNS – Sesuai rencana awal kemenag akan mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi guru madrasah bukan PNS sudah memasuki tahap pencairan. Masing-masing guru yang memperoleh BSU akan dibuatkan rekening baru yang dibuat lanngsung oleh bank penyalur atas nama para penerima.

Menurut M Zain Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menjelaskan bahwa proses pencairan ini diawali dengan notifikasi pemberitahuan melalui Simpatika diakun penerima.

dengan begitu Para guru penerima BSU akan menerima pemberitahuan notifikasi di Simpatika. Mereka bisa mengecek melalui akun masing-masing,.

lanjut Zain, Setelah mengecek notifikasi, guru langsung mencetak Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020 yang ada di Simpatika. Bersamaan itu, guru juga diminta mencetak Surat Pernyataan dan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang formatnya juga tersedia di Simpatika.

“SPTJM dicetak, lalu ditandatangani di atas meterai,”.

Lebih jelasnya begini, Syarat Pencairan BSU Guru Madrasah Bukan PNS

1. Buka Simpatika

2. Masuk di akun PTK

3. Cari notifikasi

4. Cetak surat keterangan penerima BSU

5. Cetak SPTJM

6. Tanda tangan di SPTJM

Selanjutnya, kata Zain, guru penerima bantuan BSU datang ke Kantor bank penyalur yang ditunjuk, yaitu: BRI/BRI Syariah. Guru membawa juga KTP, NPWP (jika sudah memiliki), Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020, dan SPTJM yang sudah ditandatangani di atas meterai.

Guru lalu mengisi formulir pembukaan buku rekening baru di BRI/BRI Syariah. Setelah selesai semua prosesnya, guru akan menerima Buku Rekening dan Kartu ATM baru dari BRI/BRI Syariah. Guru bisa mengambil atau tetap menabung BSU GBPNS 2020 di bank.

uang

Besaran pencairan BSU adalah Rp 600.000,00,-/bulan selama 3 bulan, terhitung Oktober hingga Desember, dan dibayarkan sekaligus sebesar Rp 1.800.000.

tegasnya, menurut Zain, bagi penerima BSU Ada kewajiban membayar Pajak Penghasilan Psl 21 (PPh 21) sebesar 5% bagi guru yang sudah memiliki NPWP dan sebesar 6% bagi guru yang belum memiliki NPWP.

menambahkan, M Zain selaku Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), penerima BSU adalah guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau SIAGA. Mereka adalah para guru yang telah diverifikasi memenuhi criteria sebagai penerima bantuan, yaitu:

1. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),

2. Berpenghasilan kurang dari 5 juta rupiah,

3. Bukan penerima program pra kerja,

4. Bukan penerima BSU lainnya, dan

5. Tercatat pada Emis, Simpatika, atau SIAGA yang telah direview oleh Itjen Kemenag dan dipadankan dengan data penerima program Pra Kerja dan BSU lainnya melalui BPJS.

Harapannya Semoga BSU ini bisa meningkatkan kesejahteraan guru bukan PNS di tengah pandemic. Juga bisa memotivasi mereka dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam proses pembelajaran dan atau bimbingan kepada peserta didik,” tandasnya.

Check Also

Pencairan Banpres BLT BPUM

Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI Dan UMKM Rp 1,2 Juta

Mediapagi.net – Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *