Software CRM Open Source
Software CRM Open Source

7 Software CRM Open Source Terbaik

Software CRM Open SourcePerangkat lunak CRM open source dan pesaing eksklusifnya masing-masing memiliki pro dan kontra dalam hal biaya, kompleksitas, pemeliharaan, dan keramahan pengguna secara keseluruhan.

Mana yang harus Anda pilih untuk membuat kerja Anda lebih mudah? Apa perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan terbaik  untuk perusahaan Anda? Jawabannya, seperti biasa, bisa jadi agak rumit, tapi kami uraikan semuanya untuk Anda.

Apa itu CRM open source?

Ketika sebuah aplikasi adalah “sumber terbuka”, ini berarti ‘kode sumbernya’ (yaitu kode yang membuat program berjalan) tersedia untuk umum. Kode sumber ini dapat didistribusikan, dimodifikasi, dan didistribusikan kembali oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka. Idenya adalah, jika ada dan semua pengembang dapat mengintip di bawah tenda dan mengubah cara kerja program, aplikasi akan menjadi lebih berguna dan bebas kesalahan dari waktu ke waktu.

Software CRM Open Source
Software CRM Open Source

Pengembang berkumpul di Github atau platform lain untuk memperbaiki bug, menambahkan fitur, atau mengubah yang sudah ada. Perusahaan dapat menyewa pengembang untuk memodifikasi alat CRM open source pilihan mereka, dan mendapatkan platform yang memenuhi kebutuhan mereka yang sangat spesifik.

Solusi CRM open source biasanya berjalan di Linux (berlawanan dengan dukungan Mac/Windows biasa) dan sering menggabungkan perangkat lunak yang tersedia secara bebas seperti server web Apache dan PHP. Perangkat lunak apa pun yang beroperasi di bawah Inisiatif Sumber Terbuka dan memegang lisensi yang sesuai dengan  OSI  dapat diintegrasikan ke dalam platform CRM dan digunakan untuk tujuan komersial.

Manajemen hubungan pelanggan open source menawarkan semua fitur berguna dari CRM berpemilik seperti dukungan pelanggan, manajemen saluran, otomatisasi pasar, dan manajemen kontak, namun, ada perbedaan signifikan antara kedua jenis yang perlu dipertimbangkan. Kami menjelaskan semuanya di sini.

Pikirkan seperti ini: Perangkat lunak berpemilik adalah sistem tertutup, produk akhir yang dikemas dalam kotak. Anda mengunduhnya secara gratis, atau membeli langganan, lalu mengaturnya sesuai kebutuhan Anda. Tidak diperlukan perakitan (alias. Anda dapat melewatkan perekrutan pengembang internal).

Ini adalah kategori ‘tumpukan penuh’ dari CRM—umumnya dirancang untuk gambaran besar, yang berarti mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar secara menyeluruh, langsung dari kotak.

Sementara itu, kode sumber platform open source tersedia untuk umum untuk digunakan dan pengembangan serta modifikasi lebih lanjut. Harapannya adalah Anda ingin mengambil produk yang ada dan mengubah hal-hal di sana-sini untuk mengkalibrasinya sesuai dengan kebutuhan alur kerja spesifik Anda. Dalam kebanyakan kasus, kode sumber terbuka sudah dikembangkan dengan baik, dan solusi penyesuaian telah disederhanakan untuk kecepatan dan kemudahan.

Banyak usaha kecil dan menengah menjadi open source. Lainnya memilih sumber tertutup, perangkat lunak berpemilik.

Kedua jenis melakukan penjualan, layanan, pemasaran, manajemen proyek, dan setiap hal CRM-y lainnya yang dapat Anda bayangkan dan biasanya datang dengan aplikasi seluler yang memungkinkan Anda bekerja saat bepergian. Secara kualitatif, tidak ada perbedaan besar antara keduanya.

Pilihannya benar-benar tergantung pada  jenis  aplikasi CRM yang Anda butuhkan, dan berapa banyak waktu yang ingin Anda investasikan untuk menyiapkan dan menjalankan sistem Anda.

Baca Juga: Inilah Rahasia Tips Memilih Jasa Digital Marketing Yang Terpercaya

Keuntungan dari CRM sumber terbuka

Beberapa mungkin menemukan daya tarik besar dalam gerakan open source yang mengelilingi CRM. Dengan rasa komunitas timbal balik dan kebebasan untuk berinovasi, berkontribusi pada open source dapat terasa seperti Anda meretas sistem, atau sekadar menghasilkan sesuatu yang orisinal (bukan hanya membeli Salesforce atau Microsoft Dynamics dan menyebutnya sehari). Orang lain mungkin menemukan pengembangan perangkat lunak open source menjadi perampokan memakan waktu ke lubang kelinci yang mengalihkan perhatian dari bisnis utama.

Satu keuntungan dari open source, bagaimanapun, adalah bahwa sistem CRM ini cenderung menawarkan integrasi yang lebih kuat. Anda juga dapat membangun integrasi yang tepat yang Anda inginkan tanpa batasan vendor. Jika Anda khawatir tentang fleksibilitas dan skalabilitas dari waktu ke waktu, open source pasti memiliki keuntungan.

Alasan lain yang sangat pragmatis untuk menggunakan alat open source adalah biayanya—mereka gratis atau dengan harga terjangkau (secara umum) dan cenderung tidak memiliki komitmen berbasis waktu untuk lisensi perangkat lunak. Jika Anda mendaftar selama satu tahun dengan CRM berpemilik tetapi memutuskan itu tidak benar dalam tujuh bulan, Anda akan memakan beberapa biaya yang cukup mahal. Itu tidak akan terjadi dengan sebagian besar alat open source.

Baca Juga: Trobosan Baru Kemenag! Program Unggulan Computational Thinking di Sembilan Wilayah Indonesia

7+ Software CRM open source terbaik 2021

1. SuiteCRM

Manfaat:

SuiteCRM menangani penjualan, layanan, dan pemasaran, dengan modul khusus, tata letak, dan alat pengembangan hubungan yang akan menyenangkan departemen TI Anda juga (jika ada). CRM ini juga memiliki dasbor waktu nyata, yang berarti saat aliran data masuk, angka-angka baru menawarkan wawasan yang lebih luas tentang hal-hal seperti metrik pipa, status proyek terbuka, dan arus kas.

Penyesuaian modular tanpa akhir dan add-on berarti Anda dapat menggunakannya untuk aplikasi, sederhana atau kompleks. Ini juga bekerja pada setiap sistem operasi di bawah matahari: Windows, OS/X, Ubuntu, Android, iOS—sebut saja.

Dengan kurva belajar yang rendah dan pengaturan yang mudah, ini jelas merupakan salah satu sistem open source yang paling mudah didekati. Itu juga salah satu yang paling populer.

Kekurangan:

Dukungan helpdesk bisa lambat, karena berbasis komunitas. Ada juga kurva belajar yang moderat, dan integrasi dan fitur versi open source gratis tidak dikembangkan seperti pada versi berbayar. SuiteCRM tidak terintegrasi dengan perangkat lunak ERP, jadi jika Anda mencari integrasi proses bisnis holistik, itu mungkin bukan pilihan yang tepat.

Harga untuk SuiteCRM: Sesuai Permintaan:

  • SuiteCRM murni gratis.
  • Paket pemula (disarankan untuk 1-10 pengguna) adalah $123 (ditagih sebagai £95) per bulan, ditagih setiap tahun.
  • Paket bisnis (disarankan untuk 5-50 pengguna) adalah $430 (ditagih sebagai £332,50) per bulan, ditagih setiap tahun.
  • Paket premium (disarankan untuk 10-150 pengguna) adalah $614 (ditagih sebagai £475) per bulan, ditagih setiap tahun.

Uji coba gratis 30 hari tersedia untuk semua SuiteCRM: Paket solusi yang dihosting berdasarkan Permintaan.

2. Odoo

Manfaat:

Odoo adalah tentang ‘arsitektur yang dapat diperluas,’ dengan desain modular yang memungkinkan Anda memadukan dan mencocokkan berbagai fitur. Odoo CRM Edisi Komunitas open source dihubungkan ke 10.000+ aplikasi di orbit vendor, yang dikonfigurasi untuk berintegrasi satu sama lain dengan mulus.

Jika Anda bekerja di ritel, restoran, atau perusahaan fisik lainnya, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa Odoo memiliki aplikasi titik penjualan yang sangat berguna. Bekerja dengan aplikasi Odoo lainnya, data titik penjualan dapat dengan mudah mengalir ke manajemen inventaris, pemasaran email, dan operasi penjualan Anda.

Kekurangan:

Versi open source dari Odoo CRM memiliki kurva pembelajaran yang signifikan, dan Anda harus memberikan perhatian khusus untuk menyiapkan dan menerapkannya untuk mencegah sakit kepala di kemudian hari. Alat faktur sedikit lebih rumit dari yang diperlukan (Anda harus membuat penawaran harga, diikuti dengan pesanan untuk membuat faktur), dan opsi pelaporan terbatas. Dukungan pelanggan bergantung pada anggota komunitas aplikasi.

Harga:

  • CRM sumber terbuka gratis. Tersedia add-on berbayar.

3. OroCRM

Manfaat:

OroCRM memiliki reputasi sebagai CRM open source yang paling fleksibel. Ini didasarkan pada kerangka kerja PHP Symfony2 untuk pengembangan web, yang banyak digunakan dan disukai. Itu berarti banyak pengembang open source merasa mudah untuk memahami kode Oro dan membuat penyesuaian baru, membuatnya relatif mudah dan hemat biaya untuk memodifikasi platform sesuai kebutuhan Anda.

Integrasi yang mudah dengan Zendesk, MailChimp, dan banyak aplikasi kopling lainnya juga merupakan sentuhan yang bagus.

Kekurangan:

Jika Anda mengelola e-niaga, Anda mungkin memerlukan pengembang untuk menyesuaikan aplikasi untuk memenuhi fungsi helpdesk/dukungan pelanggan. Juga tidak ada lokalisasi (Oro hanya tersedia dalam bahasa Inggris).

Harga:

  • Edisi open source gratis.
  • Hubungi vendor untuk akses Edisi Perusahaan.

4. X2CRM

Manfaat:

X2CRM memiliki edisi open source, yang dengan murah hati membagikan kode melalui  GitHub , SourceForge dan Bitnami, sehingga mendorong siapa saja dan semua orang untuk menyesuaikannya untuk tujuan mereka sendiri. Perangkat lunak ini dapat diunduh langsung ke server web, tetapi Anda juga bisa mendapatkan bantuan saat mengunduhnya sebagai bagian dari versi tumpukan penuh.

Edisi open source ini menggunakan banyak modul inti dari  platform X2CRM umum (non-sumber terbuka)  , yang lebih diarahkan untuk perusahaan yang lebih besar daripada startup ramping.

Pengoperasian yang lebih ringan dapat memanfaatkan alat Sumber Terbuka X2CRM untuk kampanye pemasaran dan pengelolaan saluran dan saluran. Ada modul email yang menyertakan pelacakan email terbuka dan fitur untuk mendesain visualisasi alur kerja. X2CRM juga memiliki aplikasi Android dan iOS.

Kekurangan:

X2CRM adalah platform yang sedang naik daun dan bukan yang paling banyak digunakan, jadi Anda mungkin merasa sulit untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan melalui komunitas kecilnya.

Harga: 

  • Versi open source gratis.
  • Solusi konfigurasi dan pengembangan kustom berbayar juga tersedia.

5. Vtiger

Manfaat:

Vtiger CRM Open Source mencakup luasnya fitur manajemen hubungan pelanggan yang Anda kenal dan sukai. Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan kampanye pemasaran dan melacak prospek, pelanggan, dan peluang, menangani siklus penjualan dan alur kerja harian. Fitur pelaporan dan analitik disertakan, dan memiliki ekstensi Gmail, yang sangat berguna untuk mereferensikan data dan info CRM saat mengirim email.

Saat Anda meningkatkan penggunaan Anda, Anda dapat memeriksa  pasar  untuk add-on untuk fitur yang lebih besar. Ini adalah CRM Sumber Terbuka #1 yang paling banyak diunduh di SourceForge (dengan 4,5 juta+ unduhan), sehingga memiliki komunitas besar pengguna dan pengembang di belakangnya.

Kekurangan:

Fitur pelaporan Vtiger agak ringan di open source jika dibandingkan dengan versi berbayarnya. Navigasi antar fitur terkadang terasa agak kikuk, dan integrasi Google Spreadsheet bukanlah yang terbaik. Vtiger juga memiliki kurva pembelajaran yang moderat, sehingga perlu waktu untuk melatih tim Anda untuk mengimplementasikan platform secara efektif.

Harga:

  • Gratis, dengan add-on berbayar tersedia.

6. EspoCRM

Manfaat:

EspoCRM menawarkan otomatisasi penjualan berfitur lengkap untuk prospek dan pelacakan peluang, akun, dan kontak. Itu juga mengawasi kontak dengan mendefinisikan hubungan dan menghubungkannya ke beberapa akun. Aliran sosial EspoCRM memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas dan “mengikuti” catatan tertentu yang relevan dengan pekerjaan Anda.

Kekurangan:

Waktu yang dihabiskan untuk menerapkan solusi open source di lokasi dan membayar pengembang, hosting data, dll. dapat meniadakan beberapa manfaat finansial dari mendapatkan perangkat lunak gratis. Juga, tidak banyak integrasi dengan aplikasi lain.

Harga:

  • Solusi yang dihosting sendiri (di tempat) gratis.
  • Harga solusi yang dihosting cloud dengan berkonsultasi dengan vendor.

Uji coba gratis satu bulan tersedia untuk solusi yang dihosting di cloud. Kartu kredit tidak diperlukan.

7. SipilCRM

Manfaat:

CiviCRM adalah CRM open source gratis yang ditargetkan untuk organisasi nirlaba, asosiasi, dan sektor sipil. Mudah digunakan dan dirancang untuk disesuaikan dengan berbagai penggunaan, CiviCRM menyediakan fitur CRM lengkap seperti manajemen kontak, integrasi akuntansi, manajemen kasus, dan pemasaran email.

Kekurangan:

Anda mungkin memerlukan bantuan untuk menginstal dan menyesuaikan solusi untuk kebutuhan organisasi Anda. Ini tidak dirancang untuk penjualan, jadi Anda mungkin merasa itu tidak memenuhi persyaratan bisnis Anda atau membutuhkan terlalu banyak investasi waktu dan uang untuk menyesuaikan. Perlu dicatat, UI juga agak ketinggalan zaman.

Harga:

  • Gratis.

Baca Juga: Ancaman Terbaru Buat Facebook Setelah Apple Rilis Fitur iOS 14.5

Check Also

Tips-Memilih-Kampus-Idaman

Tips Memilih Kampus Idaman

Tips memilih kampus idaman – Sekarang ini dunia kerja semakin banyak persaingan. Butuh kemampuan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *