Senin , September 27 2021
Untitled 1 min

Segera Dibuka ! Program Kartu Prakerja Gelombang 17

Mediapagi.net –  Kabar gembira buat para pendaftar kartu prakerja, baru saja pendaftaran gelombang 16 ditutup senin, 28 Maret 2021 pukul 00.00, Sudah ada lampu hijau bagi yang gagal / pendaftar baru sebagaimana yang diungkapkan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, Program Kartu Prakerja gelombang 17 akan segera dibuka. 

Segera Dibuka ! Program Kartu Prakerja Gelombang 17
Mediapagi.net –  Segera Dibuka ! Program Kartu Prakerja Gelombang 17

Kata Deni Puspa saat sosialisasi dan peninjauan pendaftaran Gelombang 16 Kartu Prakerja, di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/3/2021). Bahwa Alokasi dana untuk  peserta yang akan diikutkan dalam program 17 nanti adalah dana dari mereka yang berasal dari gelombang 12 hingga 16 gelombang yang tak membelanjakan dana pelatihannya.

Berdasarkan peraturan Menko Perekonomian No. 11 tahun 2020, batas waktu membeli program pelatihan hanya berlaku selama 30 hari setelah penetapan. Jika dana pembelian program tidak digunakan dan melewati batas waktu yang ditentukan maka konsekuensinya status kepesertaannya dicabut. 

Mengutip atas dasar itulah, ia mengimbau kepada peserta yang sudah menerima SMS pemberitahuan untuk segera memanfaatkan alokasi dana untuk pelatihannya sebesar Rp. 1.000.000 rupiah.

“Semisal, mendaftar dan dinyatakan lolos ya segera dimanfaatkan bantuan itu. Sesuai dengan peraturan Menko Perekonomian No. 11 tahun 2020, kalau sudah satu bulan teman teman sudah di SK an dan sudah dapat SMS, tapi tidak menggunakan, maka sesuai dengan peremenko kita tarik dan kita realokasikan untuk peserta yang lain,” Ujar Deni Puspa.

Potensial gelombang 17 akan dibuka tapi setelah gelombang 12-16 itu yang tidak memanfaatkan tadi, selesai atau dicabut kepersertaannya,” lanjutnya.

Meski begitu, Puspa mengaku belum mengetahui jumlah peserta yang kepersertaannya sudah dicabut dan yang akan direlokasikan untuk gelombang 17 mendatang.

” Info pastinya Belum tahu, karena dari gelombang ke gelombang berbeda. Jadi jumlahnya belum diketahui, karena pada hari dimana itu ditutup biasanya disitu kita akan tahu, misalnya berapa dari 600.000 ribu orang yang tidak memanfaatkan bantuannya, kalau misalnya Itu 2000 atau 5000, apapun itu sistem akan menarik dan kemudian akan realokasikan untuk mendaftar di batch 17,” tuturnya.

Menambah, Puspa juga memastikan insetif yang diterima penerima kartu prakerja selama ini tak terpotong sedikitpun. Setiap peserta bisa mendapat sebesar Rp 3.550.000. Dari angka tersebut, Rp 1.000.000 tidak bisa diuangkan karena untuk dana pelatihan, jika tak ikut pelatihan, uang akan dikembalikan ke kas negara.

Sisanya yakni Rp 2.550.000 bisa dipegang masyarakat jika mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Nantinya, manfaat itu diberikan setelah mengikuti pelatihan yang akan ditransfer Rp 600.000 selama empat bulan, dan jika mengisi survei sebanyak 3 kali akan dapat insentif tambahan sebesar Rp 150.000.

“Data survei di tahun 2020 terbukti sebanyak 94% dari penerima menggunakan untuk membeli bahan pangan, artinya itu kan menggerakkan ekonomi lokal, jadi ada multi flyer effect kepada ekonomi setempat,” pungkasnya. 

Sembari menanti hasil pengumuman, perlu dipelajari Langkah-langkah bila pendaftar dinyatakan  lolos menjadi penerima Kartu Prakerja Gelombang 16, maka pendaftar bisa memanfaatkan bantuan pelatihan yang akan diterima adalah sebesar Rp1 juta secara gratis.

Sebagaimana artikel yang sudah kami jelaskan dan bisa dicek link dibawah, insentif yang akan diterima ada Tiga  jenis,:

1. Insentif pelatihan sebesar Rp. 1.000.000

2. insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, dan

3. insentif pengisian survei evaluasi Rp50.000 per survei.

Langkah-langkah mendapatkan Insentif diatas sebagai berikut:

a. Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat;

b. Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Biaya Mencari Kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya;

c. Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs prakerja.go.id;

d. Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan di Platform Digital;

e. Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan;

f. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Sementara itu, insentif pengisian survei akan diterima setelah penerima Kartu Prakerja Gelombang 15 mengisi survei di akun prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Simak juga artikel yang lain >>>> Mediapagi.net

Check Also

Pencairan Banpres BLT BPUM

Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI Dan UMKM Rp 1,2 Juta

Mediapagi.net – Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *