Cloud Storage
Cloud Storage

Mengenal Cloud Storage

Sekarang ini keberadaan cloud storage sangat dibutuhkan, banyak perusahaan maupun perseorangan menggunakan cloud storge untuk menyimpan data penting yang dapat diakses melalui internet. Sudahkah anda tahu apa itu cloud storge? dan Cloud Storage Terbaik ?

Apa itu Cloud Storage?

Cloud Storage
Cloud Storage

Cloud Storage adalah model komputasi awan yang menyimpan data di Internet melalui penyedia komputasi awan yang mengelola dan mengoperasikan penyimpanan data sebagai layanan. Ini dikirimkan sesuai permintaan dengan kapasitas dan biaya yang tepat waktu, serta meniadakan pembelian dan pengelolaan infrastruktur penyimpanan data Anda sendiri. Ini memberi Anda kelincahan, skala global, dan daya tahan, dengan akses data “kapan saja, di mana saja”.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage?

Cloud Storage dibeli dari vendor cloud pihak ketiga yang memiliki dan mengoperasikan kapasitas penyimpanan data dan mengirimkannya melalui Internet dalam model bayar sesuai pemakaian. Vendor penyimpanan cloud ini mengelola kapasitas, keamanan, dan ketahanan untuk membuat data dapat diakses oleh aplikasi Anda di seluruh dunia.

Aplikasi mengakses CS (penyimpanan cloud)  melalui protokol penyimpanan tradisional atau langsung melalui API. Banyak vendor menawarkan layanan pelengkap yang dirancang untuk membantu mengumpulkan, mengelola, mengamankan, dan menganalisis data dalam skala besar.

Manfaat Cloud Storage

Menyimpan data di cloud memungkinkan departemen TI mengubah tiga area:

Total Biaya Kepemilikan

Dengan penyimpanan cloud, tidak ada perangkat keras untuk dibeli, penyimpanan untuk disediakan, atau modal yang digunakan untuk skenario “suatu hari nanti”. Anda dapat menambah atau menghapus kapasitas sesuai permintaan, mengubah kinerja dan karakteristik retensi dengan cepat, dan hanya membayar penyimpanan yang benar-benar Anda gunakan.

Data yang jarang diakses bahkan dapat dipindahkan secara otomatis ke tingkat biaya yang lebih rendah sesuai dengan aturan yang dapat diaudit, sehingga mendorong skala ekonomi.

Waktu untuk Penyebaran

Ketika tim pengembangan siap untuk mengeksekusi, infrastruktur tidak boleh memperlambat mereka. Penyimpanan cloud memungkinkan TI mengirimkan jumlah penyimpanan yang dibutuhkan dengan cepat, tepat saat dibutuhkan. Hal ini memungkinkan TI untuk fokus pada pemecahan masalah aplikasi yang kompleks daripada harus mengelola sistem penyimpanan.

Manajemen informasi

Memusatkan penyimpanan di cloud menciptakan titik leverage yang luar biasa untuk kasus penggunaan baru. Dengan menggunakan kebijakan manajemen siklus hidup penyimpanan cloud, Anda dapat melakukan tugas manajemen informasi yang andal termasuk tiering otomatis atau penguncian data untuk mendukung persyaratan kepatuhan.

Jenis Cloud Storage

Ada tiga jenis penyimpanan data cloud: penyimpanan objek, penyimpanan file, dan penyimpanan blok. Masing-masing menawarkan keunggulannya sendiri dan memiliki kasus penggunaannya sendiri:

  1. Objeck Storage – Aplikasi yang dikembangkan di cloud sering kali memanfaatkan skalabilitas dan karakteristik metadata penyimpanan objek yang luas. Solusi penyimpanan objek seperti Amazon Simple Storage Service (S3) ideal untuk membangun aplikasi modern dari awal yang memerlukan skala dan fleksibilitas, dan juga dapat digunakan untuk mengimpor penyimpanan data yang ada untuk analitik, pencadangan, atau arsip.
  2. File Storage – Beberapa aplikasi perlu mengakses file bersama dan memerlukan sistem file. Jenis penyimpanan ini sering didukung dengan server Network Attached Storage (NAS). Solusi penyimpanan file seperti Amazon Elastic File System (EFS) ideal untuk kasus penggunaan seperti repositori konten besar, lingkungan pengembangan, penyimpanan media, atau direktori beranda pengguna.
  3. Block Storage – Aplikasi perusahaan lain seperti database atau sistem ERP sering kali memerlukan penyimpanan khusus dengan latensi rendah untuk setiap host. Ini analog dengan penyimpanan yang terpasang langsung (DAS) atau Jaringan Area Penyimpanan (SAN). Solusi penyimpanan cloud berbasis blok seperti Amazon Elastic Block Store (EBS) disediakan dengan setiap server virtual dan menawarkan latensi sangat rendah yang diperlukan untuk beban kerja kinerja tinggi.

Cloud Storage Terbaik Indonesia

Cloud Storage Indonesia Terbaik ialah Cloud Storage for IndiHome. Cloud storage ini dapat dipergunakan untuk menyimpan data (Foto, Video, Musik, Dokumen, Kontak).

Cloud Storage for IndiHome memberikan kemudahan bagi pengguna, cloud storage ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui jaringan internet.

Baca Juga:

  1. 9 Cara Meningkatkan Penjualan Online
  2. Kuota Gratis! Cek Segera Daftar Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud 2021, Dapat 50 GB Bisa YouTube
  3. Inilah Rahasia Tips Memilih Jasa Digital Marketing Yang Terpercaya

Check Also

Apa-itu-Mobile-Banking

Apa Itu Mobile Banking?

Apa itu Mobile Banking? Mobile banking adalah layanan melalui ponsel atau smartphone yang memungkinkan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *