Ini Rangkaian Pemakaman Gus Sholah (KH Salahuddin Wahid)

Ini Rangkaian Pemakaman Gus Sholah
kompas.com

Jombang, Medipagi.net Almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah dipastikan keluarganya akan dilakukan sore ini, Senin tanggal 3 Februari 2020 di Jombang. Sebagai penghormatan kepada Gus Sholah, kaum Muslimin dapat melakukan shalat janazah dan mengantarkan ke pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng. Kepastian menfenai pemakaman tersebut disampaikan oleh putra Gus Sholah, Irfan Asyari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid.

Serangkaian jadwal pemberangkatan hingga pemakaman di Jombang yang di kirim melalui pesan cepat rincinya sebagai berikut:

  • Pada pukul 07.30 seluruh Rombongan peserta penumpang pesawat berkumpul di Ruang VIP Bandara Halim Perdana Kusuma.
  • Pada pukul 08.30 almarhum Gus Sholah beserta keluarga inti diberangkatkan dari rumah duka menuju ke Halim Perdana Kusuma.
  • Pukul 09.30 almarhum tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma yang kemudian pada pukul 10.00 lepas landas dengan armada pesawat Batik Air (special flight) 11.30 tiba di Bandara Juanda, Surabaya.
  • Pada pukul 12.00 rombongan menuju Pesantren Tebuireng, Jombang.
  • Pukul 14.00 akan tiba di pondok pesantren Tebuireng dan almarhum disemayamkan di masjid setempat.
  • Pada pukul 16.00 akan diberlangsungkan pemakaman almarhum Gus Sholah.

“Bagi kaum Muslimin dan siapa saja yang berkenan memberikan penghormatan terakhir untuk hadir sesuai jadwal yang telah diatur,” kata Ustadz Teuku Azwani.

Disampaikan abdi dalem Pesantren Tebuireng tersebut bahwa untuk shalat janazah akan dilakukan di masjid pesantren. “Kalau saat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dulu dishalatkan di Masjid Ulul Albab sekitar pesantren, sedangkan untuk almarhum Gus Sholah di masjid pesantren,” ungkapnya.

Jenazah Gus Sholah tengah dimandikan di rumah sakit. Kemudian malamnya jenazah disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di jalan Kapten Tendean No 2C, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan. Pada hari ini, Senin tanggal 3 Februari 2020 sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah diberangkatkan ke Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur untuk diterbangkan ke Jombang.

Jenazah Adik KH Abdurrahman Wahid tersebut kemudian dimakamkan di kawasan pemakaman Pesantren Tebuireng, Jombang pada Senin sore. “Almarhum rencana dimakamkan di Tebuireng jam 4 sore (Senin),” kata Isnan B, tandas salah satu santri dari Almarhum Gus Sholah.

Pewarta: Ibnu Nawawi Editor: Aryudi AR
Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/116194/ini-rangkaian-pemakaman-gus-sholah

Check Also

Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20

Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20 Super Canggih

Mediapagi.net – Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20 Super Canggih, Realme C20 hadir di Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *