Daftar Belasan Hoaks Virus Corona Terbaru, Bertambah Jadi 36

Jakarta- Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, sampai sekarang ini berhasil menghimpun 36 total hoaks mengenai virus corona novel.

Menurut Johnny “Kita monitor yang mana hoaks, yang mana disinformasi. Ada 36 hoaks disinformasi,”. Jumlah hoaks tentang virus corona novel ini bertambah 17 dibanding data beberapa waktu lalu yang berjumlah 19 berita hoax.

Berikut daftar isu hoaks terbaru terkait virus corona berdasarkan situs Kemenkominfo:

1. Virus Corona Diduga Bermunculan di Pasar Wuhan yang Menjual Aneka Satwa Liar

Daftar Belasan Hoaks Virus Corona Terbaru, Bertambah Jadi 36


Beredaranya sebuah video yang diunggah melalui platform Youtube menggambarkan video suasana pasar Wuhan di China tersebar virus corona. Dalam video tersebut diperlihatkan sebuah pasar tradisional yang menjual berbagai jenis hewan liar sebagai bahan makanan.

Setelah tim Kemenkominfo menelusuri lebih lajut mengenai video tersebut, pasar yang menjual satwa liar tidak di pasar Wuhan China, Video tersebut mengunggah aktivitas dagang di pasar Langowan yang berada di Minahasa, Sulawesi Utara.

2. Virus Corona Wuhan Hasil Perkawinan Virus Kelelawar dan Babi

Isu tentang virus corona wuhan hasil perkawinan virus kelelawar dan babi langsung dicap hoaks oleh Kemenkominfo. Diisukan bahwa struktur virus corona Wuhan dinilai unik. Virus ini mirip dengan SARS dan bat-CoV, namun ada sedikit perbedaan pada potongan DNA atau RNA.

Sekarang ini, virus corona faktanya sebagian besar berasal bukan dari babi tetapi dari SARS dan kelelawar.

3. China Bangun Rumah Sakit 57 Lantai

Telah beredar video di platform Twitter yang memperlihatkan proses pembangunan sebuah gedung, dalam video tersebut disebutkan bahwa pemerintahan China mengatasi virus corona dengan membangun sebuah rumah sakit khusus untuk pasien yang terjangkit virus corona. Diperlihatkan bangunan itu memiliki 57 lantai dan selesai dibangun dalam kurun waktu 19 hari saja.

Faktanya, video yang diunggah tersebut adalah proses pembangunan gedung Mini Sky City pada  tahun 2015 lalu.

4. Virus Corona Merupakan Senjata Biologis yang Bocor dari Laboratorium Wuhan

Fakta dari kabar hoax ini adalah pelintiran berita dari The Washington Time dengan judul “Virus-hit Wuhan Has Two Laboratories Linked to Chinese Bio-Warfare Program”. Kemudian berita hoax ini ditulis ulang dan diterjemahkan oleh sejumlah situs dan media.

Setelah melakuakn penelusuran, tim Kemenkominfo mendapatkan informasi bahwa saat ini pemerintah China mengatakan virus itu berasal dari pasar makanan laut di Wuhan.

5. Virus Corona Pertama Kali Ditemukan di Arab Saudi

Di sebuah akun Facebook ditemukan sebuah unggahan foto dengan narasi mengklaim bahwasanya virus corona pertama kali muncul di Arab Saudi.

Faktanya, mengenaik klaim bahwa virus corona tersebut tidak benar. Dr Ali Mohamed Zaki memang penemu virus corona, namun bukan berarti virus ini pertama kali teridentifikasi di Arab Saudi.

Ia hanya menemukan virus yang pemicu Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) yang berawal dari Arab.

6. Seorang Warga Di Depok Diisolasi karena Diduga Terinfeksi Virus Corona

Pada hari Selasa (28/1), di media sosial heboh dengan beredarnya kabar viral, kabar tersebut beredar di aplikasi WhatsApp yang mengisukan bahwa terdapat satu orang warga Depok yang terjangkit virus corona. Isu tersebut menjelaskan jika pasien yang diduga terinfeksi virus corona sudah diisolasi di sebuah rumah sakit.

Faktanya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan bahwa berita mengenai virus corona tersebut adalah kabar hoaks. Novarita pun menegaskan bahwa tidak ada pasien yang dirawat di RS Permata Sawangan karena terjangkit corona.

7. RS Kanujoso Balikpapan Menerima Pasien Positif Corona

Dan lagi-lagi beredar informasi di Facebook serta WhatsApp tentang virus corona, dalam isu tersebut menyebutkan bahwa Rumah Sakit Kanujoso Balikpapan menerima pasien positif terkena virus corona dan hal ini sangat meresahkan warga Balikpapan.

Faktanya, kabar tersebut tidaklah benar adanya, karena kasus pasien yang terkena virus corona belum ada di Rumah Sakit Kanujoso Balikpapan.

Selengkapnya di Daftar 17 Hoaks Virus Corona Terbaru, Bertambah Jadi 36

Check Also

Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20

Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20 Super Canggih

Mediapagi.net – Harga Terjangkau dan Spesifikasi Realme C20 Super Canggih, Realme C20 hadir di Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *