Selasa , September 28 2021
KUR min

Angin Segar! Pemerintah Fasilitasi KUR Bagi Alumni Kartu Prakerja

Mediapagi.net – Setelah ditetapkan aturan baru di pendaftaran Prakerja Gelombang 13, bagi yang sudah lulus pada gelombang sebelumnya tidak diperbolehkan mendaftar lagi, kini pemerintah membuat terobosan baru menyiapkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat /KUR. Khusus alumni Kartu Prakerja yang membuka usaha usai pelatihan program di Platfon-platfon Prakerja bagi alumni yang berminat tinggal mengajukannya ke pemerintah.

Angin Segar! KUR Bagi Alumni Kartu Prakerja

Kebijakan ini sebuah langkah lanjutan dari pengembangan program Kartu Prakerja setelah mengaudit tingkat keberhasilan program prakerja dengan mengintegrasikannya ke program pemerintah yang lain, yaitu Kredit Usaha Rakyat KUR. Dikutip Rudy Salahuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sebagai Langkah pemerintah yang positif dan juga merupakan cita-cita meningkatkan jumlah wirausaha di dalam negeri. Sekarang pertumbuhan wirausaha baru mencapai 4 persen pada 2024 dan rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9 persen, akan dikembangkan lebih tinggi guna mempertahankan persaingan didunia usaha.

Menambah kata, Rudy Salahuddin sementara hasil survei Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat ada kurang lebih 19,5 ribu orang dari 5,98 juta peserta program dari gelombang 1-11, kini menjadi wirausaha. Data lain mencatat sekitar 35 persen alumni Kartu Prakerja yang dulunya tidak bekerja, kini 17 persennya bekerja menjadi wirausaha.

Untuk itu, pemerintah membuat trobosan memberikan fasilitas KUR kepada alumni Kartu Prakerja, khususnya mereka yang berwirausaha dan membutuhkan modal tambahan dalam mengembangkan usahanya. Bukan hanya untuk meningkatkan produksi, tapi juga naik kelas ke pengusaha menengah hingga atas.

“Pemerintah dalam Program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan,” kata Rudy dalam keterangan resmi, Jumat (5/3).

Kendati demikian, ada syarat-syarat lain yang harus dipenuhi bagi alumni Kartu Prakerja, yaitu alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap. Alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha dan merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mendapatkan fasilitas ini.

Untuk Sementara waktu syarat dan prosedur lainnya masih dalam pembahsan lebih lanjut dan segera disosialisasikan oleh pemerintah. Namun ada beberapa syarat umum pada program KUR Super Mikro.

  1. Diberikan ke usaha skala mikro. 
  2. Usaha boleh berdurasi singkat. 
  3. Belum pernah menerima KUR.

Bila memenuhi syarat-syarat KUR bisa diajukan ke bank-bank sebagai mitra pemerintah yang selama ini sudah menyalurkan KUR contoh BRI dan lain-lain. Sedangkan untuk pagu kredit sebelumnya mulai dari Rp4 juta dan maksimal Rp10 juta.

Simak juga Artikel Trik Lulus Pendataran Prakerja Gelombang 13, >>  Klik disini 

Check Also

Pencairan Banpres BLT BPUM

Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI Dan UMKM Rp 1,2 Juta

Mediapagi.net – Kabar Terbaru April 2021 Pencairan Banpres BLT BPUM Bagi Anggota PNM Mekaar BNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *